Peresmian Gedung Asrama Terpadu MTs Negeri 2 Malang dan Kegiatan Penanaman Seribu Pohon oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Malang

Turen Kab. Malang (mtsn2malang) – Pada Selasa  (28/12/2021) di MTs Negeri 2 Malang dilaksanakan peresmian gedung Asrama Terpadu dan Kegiatan Penanaman Seribu Pohon oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Malang, H. Mustain. Hadir juga pada acara peresmian Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Muhajir serta Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Ode Saeni Al Idrus dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang. Serta beberapa Kyai Sepuh, Ulama dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Malang, Muspika Kecamatan Turen, Kepala Kantor Urusan Agama Turen, Jajaran Pengurus Komite Madrasah, semua Dewan Guru dan Karyawan, Ustadz dan Ustadzah Pembina Mahad Al Hikmah, Ustadz dan Ustadzah Pembina Qiroati dan Amtsilati di MTs Negeri 2 Malang serta perwakilan dari Rekanan dalam pembangunan gedung Asrama Terpadu ini.

Pembangunan gedung Asrama Terpadu ini merupakan pengembangan dari Mahad Putri yang sudah ada  yang berkapasitas 106 siswi dan Asrama Terpadu yang baru ini  dapat menampung 84 siswi, jadi  secara keseluruhan MTs Negeri 2 Malang sekarang memiliki dua lokasi Mahad/ Asrama Putri dengan kapasitas total 190 siswi. Serta satu Mahad/ Asrama Putra dengan kapasitas 140 siswa. Adapun pendanaan pembangunan gedung Asrama Terpadu ini berasal dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Acara peresmian pembangunan gedung Asrama Terpadu ini dimulai pukul 08.00 -11.00 WIB dengan serangkaian acara yakni penampilan lagu-lagu shalawat oleh santri Mahad Al Hikmah MTs Negeri 2 Malang, kemudian pembacaan ayat-ayat suci Alqur’an, beberapa sambutan antara lain dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), kemudian sambutan Kepala Madrasah, H. Sama’i serta sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Malang, H. Mustain yang sekaligus bertindak sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dalam pembangunan gedung ini. Dalam sambutannya Kepala Kantor mengingatkan kepada kita sejarah suksesnya pembangunan gedung ini tak lepas dari usaha keras almarhumah Hj. Maria Ulfah sebagai Kepala Madrasah waktu itu yang ingin memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta didik melalui penambahan kapasitas asrama siswa, mengingat antusiasme orang tua agar anaknya bisa masuk di Asrama/ Mahad dari tahun ke tahun sangat besar.

?

Menurut Kepala Kantor, diantara 5 lokasi di Kabupaten Malang sebagai sasaran SBSN tahun ini, Alhamdulillah untuk pembangunan gedung Asrama Terpadu di MTs Negeri 2 Malang ini merupakan yang terbaik dalam pengerjaannya dan yang tercepat dalam penyelesaiannya, ini semua berkat kerja sama yang baik dari semua pihak terkait. Perlu diketahui pembangunan gedung ini selain kamar juga dilengkapi aula yang lumayan bagus dan semua sudah termasuk perlengkapan isinya, seperti mebeler, sound system, AC, kipas angin, dipan, kasur, almari dan lain-lain semua sudah sesuai dengan spek yang ditentukan sehingga tinggal memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh beberapa Kyai yang hadir, sebelum melaksanakan peresmian Kepala Kantor secara simbolik melakukan penanaman seribu pohon di MTs Negeri 2 Malang dalam rangka hari pohon sedunia, kemudian dilanjutkan dengan pelepasan balon ke udara, sebagai tanda diresmikannya penggunaan Asrama Terpadu ini, kemudian Kepala Kantor melakukan penandatanganan prasasti peresmian gedung Asrama Terpadu ini lalu memasuki ruangan gedung didampingi semua undangan yang didahului dengan pemotongan pita pada pintu lobi asrama. Dilanjutkan penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) bersama rekanan di dalam Aula Asrama yang disaksikan oleh para Kyai, Ulama dan Tokoh masyarakat dan diakhiri dengan acara potong tumpeng.

Kepala Madrasah mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran tamu undangan, serta menyampaikan bahwa dengan adanya Mahad/ Asrama di MTs Negeri 2 Malang dapat membentuk karakter siswa. Jadi pendidikan teorinya di sekolah, praktiknya diamalkan di Mahad, ujar H. Sama’i.  Besar harapan dengan adanya mahad baru dapat menjadikan siswa-siswi lebih beriman, berprestasi, dan beakhlakul karimah. (ESA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *