MTs Negeri 2 Malang meraih predikat Sekolah Adiwiyata Provinsi

Turen Kab. Malang(mtsn2malang) – Rabu (09/12/2020) Setelah melalui perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan, alhamdulillah selasa kemarin melalui surat dari Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan nomor :  660/26491/111.5/2020  tertanggal 08 Desember 2020  yang membuat seluruh keluarga besar MTs Negeri 2 Malang patut merasa bersyukur dan bangga dengan adanya berita  tentang keberhasilan MTs Negeri 2 Malang masuk sebagai Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur.

Berawal dari Kepala Madrasah Hj. Siti Hamidah saat memimpin madrasah ini beliau terobsesi untuk menjadikan MTs Negeri Turen kala itu memiliki lingkungan belajar yang asri dan hijau dan akhirnya membentuk Tim Adiwiyata madrasah yang dikomandani oleh Ahmad Saifuddin. Pada awal 2017 mengalami pergantian pimpinan madrasah dan Hj. Maria Ulfah sebagai penggantinya, dan rupanya beliau memiliki visi yang tidak jauh beda dengan pimpinan sebelumnya. Dengan hamparan tanah yang luas (satu satunya madrasah terluas di Malang Raya) yang kaya akan ragam tanaman hias dan lingkungan belajar yang nyaman menjadikan madrasah ini sejuk dan asri serta  ramah lingkungan. Melihat potensi yang dimiliki madrasah saat itu akhirnya beliau juga terobsesi untuk melanjutkan jejak Hj. Siti Hamidah  untuk menjadikan MTs Negeri 2 Malang madrasah/ sekolah adiwiyata yang akhirnya didukung oleh seluruh warga madrasah dalam pengupayaannya. Dan alhamdulillah pada tahun 2018 MTs Negeri 2 Malang mendapat penghargaan/ predikat sebagai Sekolah Adiwiyata Kabupaten Malang.

Predikat Sekolah Adiwiyata Kabupaten menjadi penyemangat buat warga madrasah untuk maju meraih predikat tingkat berikutnya. Dalam rangka perjalanan menuju ke sekolah Adiwiyata Propinsi tentunya tidak semudah yang dibayangkan, jatuh dan bangun harus dilalui namun berkat kerja keras dan kekompakan seluruh warga madrasah utamanya tim Adiwiyata dengan seluruh pokja-pokja nya serta dorongan dan motivasi dari ibu Kepala Madrasah (Hj. Maria Ulfah) yang begitu gigih dan semangat saat itu maka setahap demi setahap dalam rangka merancang madrasah untuk menjadikan sekolah Adiwiyata Provinsi secara kriteria mulai membuahkan hasil.

Dalam rangka perjalanan menuju verifikasi lapangan (verlap) oleh tim penilai Adiwiyata Provinsi Jatim oleh karena pandemi Covid sehingga terjadi penundaan pelaksanaannya dari jadwal yang semestinya, namun sebelum pelaksanaan Allah berkehendak lain sang ibu Kepala Madrasah yang begitu gigih dalam mewujudkan MTs Negeri 2 Malang menjadi sekolah Adiwiyata Provinsi bahkan Nasional ini sudah dipanggil menghadap sang khalik pada 1 Agustus 2020 yang lalu. Kita doakan semoga beliau husnul khotimah Aamiin… , demikian penuturan Lilik Maslichah Ketua Adiwiyata MTs Negeri 2 Malang sambil berkaca kaca menahan air mata.

Dan alhamdulillah pada 22 September 2020 ditengah pandemi Tim Verlap Adiwiyata Provinsi Jawa Timur secara fisik sudah mengunjungi MTs Negeri 2 Malang, karena ada beberapa madrasah/ sekolah lain yang verlapnya secara virtual. Tim Verlap Provinsi Jatim berjumlah 3 orang yang didampingi DLH Kabupaten Malang disambut hangat oleh Plt. Kepala Madrasah H. Sama’I, para Wakil Kepala dan Tim Adiwiyata dan Pokja Adiwiyata MTs Negeri 2 Malang. Kegiatan ini berjalan dengan lancar seperti yang direncanakan walaupun ditengah rintik hujan dan tentunya semua dengan prosedur protokol kesehatan yang didukung oleh Satgas Covid-19 MTs Negeri 2 Malang.

Rasa bersyukur dan bangga kepada seluruh warga madrasah disampaikan H. Sama’i selaku Plt Kepala Madrasah atas diraihnya predikat Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur ini, menurut beliau penghargaan ini tentunya kita dedikasikan untuk Almarhumah Ibu Hj. Maria Ulfah semoga perjuangannya selama ini diterima oleh Allah swt dan insya Allah beliau menyaksikan disana dan bangga atas perjuangan dan kekompakan seluruh keluarga besar MTs Negeri 2 Malang sehingga bisa meraih predikat ini dan semoga predikat Sekolah Adiwiyata Provinsi Jatim yang baru diraih MTs Negeri 2 Malang bisa segera ditularkan ke madrasah/ sekolah sekitar dan mudah-mudahan dimudahkan oleh Allah swt. untuk segera menuju ke jenjang nasional.  (esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *