MTs Negeri 2 Malang menggelar Wisuda Purna Siswa secara Daring di tengah pandemi Covid-19

Turen Kab. Malang(mtsn2malang)- Rabu (03/06/2020) MTs Negeri 2 Malang kembali menggelar kegiatan rutin tahunan Wisuda Purna siswa-siswi kelas IX tahun pelajaran 2019/2020 yang kali ini dilakukan secara daring (online) ditengah pandemi Covid 19 yang melanda negeri ini.

Wisuda Purna tahun ini diikuti oleh peserta didik sejumlah 320 orang, namun yang dihadirkan hanya 7 (tujuh) orang beserta orang tuanya masing-masing yang mewakili teman-temannya secara simbolis, mereka ini adalah para lulusan  berprestasi tahun ini, selebihnya mengikuti acara Wisuda Purna secara daring (online) di rumah bersama orang tua masing-masing.

Dewan Guru dan Pegawai yang dihadirkan hanya beberapa orang saja antara lain Kepala Madrasah, Wakil Kepala, Wali Kelas IX, perwakilan Komite dan beberapa panitia yang bertugas di bagian teknis (IT), yang lain mengikuti secara daring di rumah masing-masing.  Perlu diketahui bahwa acara Wisuda Purna Siswa ini dihadiri juga oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang Dr. Mustain, M Ag. dan Pengawas Pendidikan Islam Dra. Yuli Nur Rohmawati, M Pd. secara daring.

Seluruh peserta sebelum masuk dicek suhu tubuhnya kemudian disemprot disinfektan
Laporan Ketua Panitia
Para siswa yang mengikuti kegiatan secara daring
Tim teknis

Semua peserta yang hadir di arena Wisuda Purna wajib mentaati protokol kesehatan seperti yang telah ditentukan terkait pencegahan penyebaran Covid-19, antara lain semua harus pakai masker kemudian sebelum masuk arena semua peserta dicek suhu tubuhnya kemudian masuk bilik penyemprotan disinfektan, saat ada di tempat kegiatan selalu menjaga jarak dengan peserta lain dan sebagainya, demikian yang dituturkan Ketua Panitia Supriyono, M Pd.

Acara dimulai pukul 08.00 diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran, dilanjutkan menyanyikan lagi Indonesia Raya, kemudian laporan Ketua Panitia dan  sambutan Kepala Madrasah. Dalam sambutannya Kepala Madrasah mengajak para siswa peserta wisuda untuk menjaga disiplin diri karena ini adalah modal untuk mencapai kesuksesan di masa yang akan datang dan hendaknya para wisudawan bisa menerapkan/ mempraktikkan ilmunya yang sudah diperoleh selama di belajar di madrasah agar ilmunya menjadi lebih bermanfaat.

Acara Prosesi Wisuda
Salah satu peserta wisuda sedang menyampaikan kesan dan pesan secara daring dari rumah

Acara berikutnya pembacaan Surat Keputusan Kepala Madrasah tentang siswa yang dinyatakan lulus pada tahun pelajaran 2019/2020 oleh Wakil Kepala Urusan Kurikulum dilanjutkan dengan Prosesi Wisuda yang dilakukan dengan mengalungkan gordon kepada 7 orang siswa yang hadir di madrasah dan diikuti oleh semua siswa wisudawan yang ada di rumah bersama orang tua masing-masing, acara selanjutnya adalah penyampaian kesan dan pesan oleh masing-masing wisudawan yang ada di rumah, mereka diberi kesempatan menyampaikan kesan dan pesannya selama belajar di MTs Negeri 2 Malang yang dipandu oleh Wali Kelas masing-masing dengan bergantian secara online sampai semua siswa yang ada di rumah selesai, ini adalah kesempatan yang langka saat-saat terakhir mereka berkomunikasi dengan guru dan temannya secara online sebelum mereka melanjutkan studinya masing-masing ke jenjang yang lebih tinggi, sehingga tidak bisa dipungkiri banyak diantara mereka menyampaikan kesan dan pesannya dengan terbata-bata sambil berlinang air mata.

Kepala Kantor sedang memberikan arahan, motivasi  dan ucapan selamat secara daring
Pemberian penghargaan kepada siswa berprestasi
Pengawas Pendidikan Islam sedang memberi ucapan selamat dan motivasi kepada siswa

Dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang Dr. Mustain, M Ag. secara daring. Dalam sambutannya Kepala Kantor menyampaikan selamat kepada keluarga besar MTs Negeri 2 Malang yang siswanya telah berhasil mendapatkan nilai UAMBNBK tertinggi se Kabupaten Malang bahkan peringkat satu dan dua serta beberapa siswa masuk peringkat sepuluh besar UAMBNBK Kabupaten Malang dan ucapan selamat disampaikan kepada MTs Negeri 2 Malang yang telah sukses melakukan  Wisuda Purna ditengah pandemic Covid-19 ini secara daring (online), tentu tidak semua madrasah bisa melakukan hal yang seperti ini. Yang terakhir beliau berpesan agar pembiasaan baik yang telah diajarkan selama di madrasah, misalnya shalat dhuha, tadarus, istighosah, shalat berjamaah dan lain-lain hendaknya terus dilakukan walaupun sudah tidak lagi belajar di MTs Negeri 2 Malang.

Selanjutnya pembacaan Surat Keputusan Kepala Madrasah tentang siswa berprestasi dan pemberian penghargaan, untuk penghargaan pertama adalah kepada siswa-siswi yang masuk rangking satu dan dua serta beberapa siswa MTs Negeri 2 Malang lain yang masuk sepuluh besar nilai UAMBNBK 2020 se Kabupaten Malang, selengkapnya mereka yang menerima adalah (1). Khofifah Dwi Rahmawati,   (2). Moh. Iqbal Firmansyah   (3). Tsabita Azzahrah,  (4). Ifda Ihdiya Nadhiva,  (5). Camelia Hanum Bilbina Evabian,  (6). M. Nur Ariansyah .  Disamping mereka mendapat penghargaan dari madrasah mereka juga mendapatkan dari guru mapel agama yang membinanya.   Penghargaan kedua kepada siswa yang mempunyai nilai tertinggi UMBK MTs Negeri 2 Malang tahun 2020, mereka adalah  :  (1). Ifda Ihdiya Nadhiva,  (2). Raihan Putra Santoso,   (3). Tsabita Azzahrah. Penghargaan ketiga kepada Muhammad Yusuf Iqbal sebagai Kader Penggerak Adiwiyata,  dan penghargaan keempat kepada Tsabita Azzahrah sebagai Kader Penggerak Literasi dan Penulis Buku, dilanjutkan dengan pembagian buku yang ditulis oleh yang bersangkutan kepada peserta yang hadir.

Acara berikutnya sambutan perwakilan dari wali murid wisudawan dan dilanjutkan dengan Ucapan selamat dan sukses untuk semua keluarga besar MTs Negeri 2 Malang dari Pengawas Pendidikan Islam Dra. Yuli Nur Rohmawati, M Pd. yang sejak awal acara sudah mengikuti kegiatan ini secara daring. Dan pada penghujung acara adalah penutup dan pembacaan do’a.

Kegiatan yang bertema “Responsif terhadap perubahan untuk sukses meraih masa depan cemerlang” (menjadi fittest di era pandemic Covid 19 menuju era normal baru) ini berlangsung dengan khidmat dan mengharukan karena sejak beberapa bulan yang lalu setelah mereka mengikuti UAMBNBK  di madrasah di beberapa daerah di Indonesia terjadi pandemi Covid-19 tak terkecuali di wilayah Malang Raya sehingga sejak saat itu mereka hanya bisa belajar dari rumah secara daring menggunakan e-Learning kemudian ujian madrasah secara daring hingga sampai saat ini mereka diwisudapun dilakukan secara daring, sebenarnya berat rasanya melepas anak-anak dalam kondisi seperti ini, namun apa mau dikata, kita masih diberi kesempatan untuk bisa melakukan kegiatan seperti ini walau secara daring sudah Alhamdulillah, mudah-mudahan kegiatan seperti ini adalah yang pertama dan yang terakhir, artinya kedepan negara kita kondisinya sudah tidak seperti saat ini sudah kembali normal,   demikian seperti yang disampaikan Kepala Madrasah Dra. Hj. Maria Ulfah, M PdI. (esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *