e-Learning Madrasah solusi belajar di rumah siswa MTsN 2 Malang

Turen Kab. Malang (mtsn2malang)- Sudah kita ketahui bersama bahwa dalam rangka mengurangi meluasnya wabah covid 19 semua madrasah/ sekolah menghentikan kegiatan belajar mengajarnya yang seperti biasa atau secara konvensional/ langsung di madrasah yang dikuatkan dengan terbitnya surat edaran dari pejabat terkait, tidak terkecuali MTs Negeri 2 Malang sebagai madrasah unggulan mau tidak mau untuk mengatasinya harus mengadakan pembelajaran secara daring terhitung mulai hari Rabu (19/03/ 2020) yang lalu dan rencananya kalau tidak ada perubahan hingga hari minggu (05/03/2020).
Selama mereka belajar di rumah, Guru dan Wali Kelas selalu memantau kegiatan belajar siswa, tidak hanya itu mereka bahkan selalu memantau kondisi kesehatan mereka dengan sering menanyakan tentang kondisi anak didiknya setiap pagi hari dan menghimbau agar selalu menjaga diri dengan cara selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal mereka,  selalu cuci tangan menggunakan sabun pada air yang mengalir, menghindari kerumunan orang, tidak keluar rumah kalau tidak ada keperluan yang penting dan lain-lain. Jadi selama belajar di rumah kita selalu berhubungan dengan mereka baik melalui chatting Whatsapp di grup-grup kelas masing-masing maupun melalui media sosial yang ada, pokoknya kita warga MTSN 2 Malang harus siap dan semangat dalam melawan Korona demikian penuturan Kepala Madrasah Dra. Maria Ulfah, M PdI.
Siswa merasa nyaman belajar menggunakan e_Learning di rumah
Guru bisa memantau aktifitas belajar anak
Dan selama kegiatan belajar di rumah, kita menggunakan aplikasi e-Learning Madrasah yang merupakan aplikasi  baru milik Kementerian Agama dalam rangka digitalisasi madrasah menyongsong Revolusi Industri 4.0, dan MTs Negeri 2 Malang termasuk madrasah  di lingkungan Malang Raya yang mengawali menggunakan aplikasi ini.
Memang momen kehadiran aplikasi ini pas sekali dengan kondisi saat ini, namun Kepala Madrasah berharap aplikasi ini tidak hanya digunakan disaat kondisi seperti ini saja tetapi kedepan walaupun siswa sudah melaksanakan kegiatan belajar di madrasah aplikasi e-Learning tetap bermanfaat sebagai media pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak.
Dalam Aplikasi e-Learning Madrasah terdapat berbagai fitur yang bisa digunakan oleh guru maupun siswa untuk saling berinteraksi, siswa mendapatkan beragam fitur yang mampu memudahkan mereka mendapatkan informasi serta pembelajaran dengan cepat. Fitur lain ada kelas online, berisi konten mulai dari awal proses pembelajaran, mulai pembuatan standar kompetensi (KI/KD), penentuan kriteria ketuntasan minimal (KKM), rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi pembelajaran/bahan ajar, daftar absensi kelas, jurnal guru, pengolahan penilaian harian (pengetahuan dan ketrampilan), ujian berbasis komputer (CBT) hingga pengolahan nilai rapor.
Selanjutnya ada Forum Madrasah, disini siswa dan guru dapat dengan mudah berbagi ide dan membuka forum diskusi karena di dalamnya terdapat media sosial untuk saling berkomunikasi antara guru dan siswa. User juga dapat saling berkomentar dan berbagi ide atau gagasan dalam fitur chat. Yang jelas e-Learning Madrasah dibuat senyaman mungkin bagi para pengguna agar mampu menarik semangat belajar dengan mudah, cepat dimanapun dan kapanpun, demikian yang dituturkan guru senior MTsN 2 Malang yang juga Help Desk Nasional Suliyat, M Si.
Anak-anakpun menyambut dengan gembira dengan adanya aplikasi e-Learning, seperti yang dituturkan oleh Zahra salah satu siswa MTs Negeri 2 Malang ini mengatakan : “sebenarnya ya nggak enak sih belajar di rumah saja serasa jenuh nggak bisa main dan ketemu teman-teman, tapi apa boleh buat kalau itu yang terbaik harus kita lakukan apalagi setelah diluncurkannya e-Learning Madrasah di madrasah kita, serasa kita bisa ketemuan langsung dengan teman-teman dan Bapak/ Ibu Guru, kita bisa saling ngobrol chatting, saling komen sambil belajar bersama tentunya sehingga nggak bikin bosan, selamat deh untuk MTs Negeri 2 Malang dengan e-Learning nya”.  (esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *