Menyambut HSN MTs Negeri 2 Malang menggelar “DEBU Live Performance Roadshow HSN 2019”

TUREN (09/10/2019) – Dalam rangka menyambut datangnya Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober 2019 nanti, Keluarga Besar MTs Negeri 2 Malang menggelar serangkaian kegiatan salah satunya yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 9 Oktober 2019 melalui sebuah pergelaran bergengsi bertajuk  “DEBU Live Performance Roadshow HSN 2019, dengan mendatangkan grup musik religi internasional DEBU.  Grup qasidah internasional ini sudah sempat akrab di telinga kita beberapa waktu yang lalu dengan lagu-lagu rohaninya yang hits.

 

Turut hadir menyaksikan acara ini Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang beserta beberapa Kepala Seksi. Kegiatan dilaksanakan setelah shalat dhuhur bersama, bertempat di depan masjid Bahrul Ulum MTs Negeri 2 Malang. Acara diawali dengan penampilan grup al Banjari Ma’had Al Hikmah, kemudian penampilan story telling dari perwakilan siswa, karaoke lagu-lagu religi dan nasional dan acara inti penampilan grup qasidah DEBU yang sangat memukau penonton terbukti begitu lagu pertama dinyanyikan para siswa dan keluarga besar madrasah menyambut dengan gegap gempita dan tepu tangan, bahkan beberapa siswa pun ikut turun menari seiring lagu pertama didendangkan.

Nada demi nadapun telah dilantunkan rasanya penonton terhipnotis oleh syahdunya tembang-tembang yang disuguhkan, semua siswa dan penonton sangat antusias tidak ada yang beranjak dari tempat duduknya bahkan ikut berteppuk dan menirukan beberapa syair lagu yang dia bisa. Dan yang paling bikin kagum, merinding dan sekaligus bangga adalah saat penampilan tarian sufi dari para siswi MTs Negeri 2 Malang seiring penampilan lagu yang dilantunkan oleh Kumayl Mustafa Daood (vokalis utama, oud, biola, komposer & pengaransir).

Alhamdulillah acara berlangsung sangat meriah dan sukses, bahkan seperti yang kami dengar langsung dari beberapa siswa mengatakan sangat senang dan berharap masih ada lagi acara-acara serupa yang diadakan oleh  madrasah di kesempatan lain.

Sekilas tentang Grup Debu

Debu adalah kelompok pemusik muslim Sufi yang anggotanya berasal dari berbagai negara. Sebagian besar anggota Debu berasal dari Amerika Serikat, tetapi ada juga anggota yang berasal dari Swedia, Inggris, dan terakhir bergabung juga anggota dari Indonesia.

Musik yang dimainkan Debu kaya nuansa dengan dentaman rebana pada paduan alunan irama ala Timur Tengah, country, bahkan jazz dan world music. Berbagai alat musik dari berbagai negara turut melengkapi keragaman musik mereka, seperti santur dari Iran, tambura dari Turki, gendok-gendok dari Sulawesi Selatan digabungkan dengan harmonis bersama harpa, biola, bass dan berbagai jenis perkusi. Sedangkan lirik-lirik lagunya sufistik, mistis, lahir dari kalbu yang mabuk cinta dan kerinduan pada Allah SWT.

Kelompok musik ini lahir di Amerika Serikat di bawah bimbingan Syekh Fattaah, pendiri DEBU sekaligus guru tasawwuf mereka.  Saat di Amerika Serikat nama kelompok musik mereka adalah Dust on the Road atau Debu di Jalanan. Personel Dust on the Road adalah orang tua sebagian besar personel Debu yang sekarang.

Mereka hijrah ke Indonesia pada tahun 1999. Setelah di Indonesia mereka mengubah nama mereka menjadi DEBU dengan beberapa perubahan formasi. Beberapa personel terdahulu adalah pengajar di pesantren milik Universitas Muslim Indonesia di Makassar. (esa)

Respond For " Menyambut HSN MTs Negeri 2 Malang menggelar “DEBU Live Performance Roadshow HSN 2019” "