Pawai Taaruf menyambut Tahun Baru Islam oleh Keluarga besar MTs Negeri 2 Malang bersama madrasah di wilayah Turen

TUREN (31/08/2019)- Sedikitnya 3500 siswa pada sabtu pagi memadati jalan-jalan raya di Turen dalam rangka kegiatan pawai memeriahkan datangnya tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekan Republik Indonesia yang ke-74 sebagai bentuk ukhuwah Islamiyah di lingkungan madrasah untuk menangkal radikalisme dan cinta NKRI. Selain itu kegiatan ini bertujuan memberikan pendidikan kepada masyarakat, khususnya siswa madrasah di kecamatan Turen agar lebih mengenal tahun baru Islam/ Hijriyah.

 

Pemberangkatan Peserta Pawai Taaruf

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang Dr. H. Musta’in, M Ag. dan diikuti oleh Kepala Madrasah, Dewan Guru, Karyawan dan seluruh siswa dari madrasah-madrasah yang ada di kecamatan Turen, yakni dari MTs Negeri 2 Malang, MTs Miftakhul Huda, MAN 2 Malang, MI Miftakhul Huda (MIN Persiapan) dan MI Raudhatul Falah (MIRAFA).

 

 

Dewan Guru dan Karyawan turut ikut pawai

Khusus bagi siswa MTs Negeri 2 Malang sebagai madrasah penggagas sambil pawai diadakan Lomba kreatifitas dalam pawai perkelas, peserta lomba menggunakan busana khas masing-masing kelompoknya dengan gerakan-gerakan / yel-yel tertentu, dan ada yang membaca shalawat nabi dengan rebana drumb band dan lain-lain. Dewan Guru dan Karyawanpun tak ketinggalan ikut menyertai siswa dengan busana menyesuaikan perkelompoknya, selain itu ada juga beberapa Ibu-ibu Guru/ Karyawan MTs Negeri 2 Malang peserta pawai yang tampil spesial dengan menggunakan kostum Carnival.

“Tahun baru Islam ini kami harapkan bisa menjadi ajang introspeksi diri, bersyukur dengan tahun yang telah kita lalui dan berusaha lebih baik untuk tahun yang akan datang. Tahun baru Islam juga perlu dirayakan, bukan hanya tahun baru masehi saja. Semoga dengan bersatunya umat maka radikalisme bisa hilang,” demikian Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten dalam sambutan pemberangkatan acara ini.

Kegembiraan para peserta tampak ketika mengikuti pawai tersebut. Beberapa peserta pawai seperti Vani  (13 thn), Firdaus (14 thn) dan Senja (17 th) mengaku sangat senang dengan berjalan kaki beramai-ramai untuk memperingati datangnya tahun baru Islam tersebut.

Kegiatan ini merupakan acara rutin tahunan yang sudah dilaksanakan pada waktu-waktu yang lalu dan Alhamdulillah untuk tahun ini kembali sukses dilaksanakan, mudah-mudahan di tahun-tahun yang akan datang bisa lebih sukses dan lebih banyak lagi madrasah yang bergabung, demikian seperti yang disampaikan oleh Ibu Kepala MTs Negeri 2 Malang Dra. Hj. Maria Ulfah, M PdI.  (esa)

 

*) Kunjungi juga Fanspage Facebook MTs Negeri 2 Malang dan Instagram mtsn2_malang

Respond For " Pawai Taaruf menyambut Tahun Baru Islam oleh Keluarga besar MTs Negeri 2 Malang bersama madrasah di wilayah Turen "