Napak Tilas 28 tahun MTs Negeri 2 Malang

TUREN- Sabtu, 3 Agustus 2019 genap 28 tahun  Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Malang telah berperan dalam mencerdaskan anak bangsa. Dalam rangka memperingati momen tersebut pada hari ini di halaman madrasah dilaksanakan perhelatan akbar peringatan hari ulang tahun dan napak tilas berdirinya MTs Negeri 2 Malang.

Hadir dalam acara ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Malang Dr. Mustain, MAg. , Plt Kasubag TU yang juga mantan Kepala Madrasah Drs. Ode Saeni Al Idrus, M Ag, Kasi Penma Dr. M. Arifin, Para mantan Kepala Madrasah Drs. Imam Turmudi, Drs. M. Said, Siti Hamidah, M Ag., Ketua Komite Madrasah Dr. Ir. Suharianto, MM, MBA., Drs. Rahmat Kartala dan lain-lain, para mantan Guru dan Karyawan yang pernah berjuang di MTs Negeri 2 Malang serta para alumni yang telah sempat hadir.

Dr. Mustain, M Ag. Kepala Kantor Kemenag Kab. Malang

Dra. Maria Ulfah< M PdI. Kepala MTsN 2 Malang

Drs. Ode Saeni Al Idrus, MAg. Plth Kasubag TU / Mantan Kepala Madrasah

Siti Hamidah< M Ag. Mantan Kepala Madrasah

Dr. Ir. Suharianto, MM, MBA Ketua Komite Madrasah

Berikut  jalannya acara peringatan Hari Ulang tahun ke-28 MTs Negeri 2 Malang. Pagi hari seperti biasa siswa siswi bersama dewan Guru dan karyawan MTs Negeri 2 Malang mengawali kegiatan dengan sholat dhuha berjamaah dan istighosah bersama di masjid madrasah.

Acara dimulai dengan lantunan musik al banjari oleh santri Ma’had Al Hikmah yang berlangsung kurang lebih 15 menit yang sempat menjadi pusat perhatian siswa siswi MTs Negeri 2 Malang dan para undangan. Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan ayat ayat suci Al Quran oleh siswa madrasah Ahmad Irhamul. Selanjutnya, para tamu dan siswa siswi bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Madrasah yang disusul dengan pembacaan puisi oleh siswa-siswi. Puisi yang dibaca adalah puisi yang berisi tentang bukti cinta kasih warga madrasah terhadap MTs Negeri 2 Malang.

 

Para alumni juga mengungkapkan pesan kesannya ketika masih belajar di Madrasah. Para guru yang sudah pindah pun juga tak urung mengungkapkan pesan kesannya terhadap MTs Negeri 2 Malang (MTs Negeri Turen). Disamping itu juga ada beberapa alumni yang sempat menyumbangkan alunan suaranya maupun beberapa tarian kontemporer. Diikuti pula oleh perwakilan siswa-siswi yang juga menampilkan beberapa lagu dan tarian untuk memeriahkan acara ini.

Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Malang untuk sarana dan prasarana sudah lengkap untuk itu tinggal para siswa diharap mau memanfaatkan dengan baik fasilitas yang telah disediakan  dengan maksimal dan belajar dengan sungguh-sungguh karena siswa-siswi MTs Negeri 2 Malang sangat memiliki potensi untuk lebih baik dibanding yang lain demikian sebagian kutipan sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Malang Dr. Musta’in, M Ag.

 

Berikut sejarah singkat lahirnya MTs Negeri 2 Malang seperti yang telah dipaparkan pada acara HUT ini. Diawali dengan didirikannya Sekolah Menengah Islam Turen yang di buka pada tahun 1948 bertempat di Desa Sedayu. Kemudian pada tahun 1953 berubah menjadi Pendidikan Guru Agama Pertama (PGAP) 4 tahun.

Pada tahun 1970 terjadi perubahan lamanya belajar di PGAP dari 4 tahun menjadi 6 tahun. Dengan sebutan dari PGAP menjadi PGAL (Pendidikan Guru Agama Lengkap), dan pada saat itu juga tempat belajarnya dari Jalan Kantor dipindahkan ke Jalan Panglima Sudirman No 64 Turen.

Pada tahun 1978 dibawah kepemimpinan Bpk. Imam Supardi terjadi masa transisi yaitu dengan diterbitkannya Surat Keputusan Bersama 3 Menteri (Menteri Agama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Menteri Dalam Negeri) dengan Surat Keputusan nomor 16 tahun 1978 berlaku tanggal 16 Maret 1978, bahwa PGA Swasta di seluruh Indonesia yang kelas I, II dan III dijadikan Madrasah Tsanawiyah Swasta, sedangkan yang kelas IV, V, dan VI dijadikan menjadi Madrasah Aliyah Swasta.

Pada tahun 1982 dengan diterbitkannya Surat Keputusan Dirjen Bimbaga Islam Nomor : Kep/E/192/1982 tanggal 26 Juni 1982, berubah menjadi MTs Filial Malang I. Dan setelah mendapatkan tanah dengan Akta Jual Beli tertanggal 13 Januari 1986, proses penegriannya diusulkan melalui Kantor Departemen Agama Kabupaten Malang tanggal 29 Agustus 1989 ke Kantor  Wilayah  Departemen Agama Propinsi Jawa Timur tanggal 30 Agustus 1989. Alhamdulillah SK Penegrian turun dengan no : 137/1991 tertanggal 11 Juli 1991. Sekaligus resmi menjadi Madrsah Tsanawiyah Negeri Turen.

Dengan diterbitkannya KMA Nomor : 673 Tahun 2016 tentang pembetulan nama – nama Madrasah se Indonesia, maka MTs Negeri Turen berubah nama menjadi MTs Negeri 2 Malang sesuai dengan nomenklatur nomor urut 2 pada penegerian MTs se Kabupaten Malang. (esa)

Respond For " Napak Tilas 28 tahun MTs Negeri 2 Malang "